logo
search icon
close button

News

News 4

News 4

Laboratory Information Management System (LIMS) adalah perangkat lunak (software) & sistem manajemen informasi yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mendukung operasi laboratorium modern.

LIMS bersifat web based sehingga customer Laboratorium termasuk Manajemen dapat melihat hasil analisis yang diinginkan, kapan saja & dimana saja. LIMS bisa diintegrasikan dengan berbagai instrument Laboratorium sehingga data analisisnya bisa langsung dicatat secara cepat & benar dalam sistem komputer. LIMS dapat juga dikoneksikan dengan sistem aplikasi lain untuk memudahkan pengambilan keputusan oleh pihak yang berwenang dalam suatu perusahaan atau instansi.

Umumnya fungsi LIMS bisa dibagi menjadi beberapa kategori, yaitu (1) Manajemen sampel; (2) Instrument & Integrasi Aplikasi; (3) Pertukaran data elektronik; (4) Fungsi – fungsi lainnya seperti Manajemen audit, chain of custody, barcode handling, compliance, customer relationship management, kalibrasi instrument & perawatan, inventory & manajemen instrument, personnel & workload management dsb.

Untuk membangun LIMS agar sesuai kebutuhan operasional Laboratorium diperlukan pengetahuan yang baik tentang bagaimana pembuatan sistem yang ada dalam LIMS. Kita juga harus mengerti data – data apa saja yang harus dipersiapkan untuk pembuatan sistem tsb. Walaupun saat in telah banyak vendor untuk LIMS, namun tidak mudah untuk bisa mendapatkan vendor yang tepat sesuai kebutuhan operasional Laboratorium kita. Salah satu penyebabnya adalah pengetahuan kita tentang LIMS sangat kurang. Penyebab lainnya, kita malah tidak mengerti akan kebutuhan sistem untuk operasional Laboratorium kita sendiri.
News News 4

Latest News

News 4News 4
Laboratory Information Management System (LIMS) adalah perangkat lunak (software) & sistem manajemen informasi yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mendukung operasi Laboratorium modern. LIMS dapat juga dikoneksikan dengan sistem aplikasi lain untuk memudahkan pengambilan keputusan oleh pihak yang berwenang dalam suatu perusahaan atau instansi.
News 3
Vibrasi yang dihasilkan mesin industri bisa menjadi indikator untuk menentukan kondisi mesin tersebut. Layaknya seorang dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan pasien menggunakan stetoskop, mesin juga bisa diperiksa kesehatannya dengan menganalisa vibrasi yang dihasilkan menggunakan alat yang disebut vibration analyzer.
News 2
BSL2 adalah mobile laboratorium atau laboratorium bergerak yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai aplikasi kesehatan masyarakat karena berhubungan erat dengan keamanan dan kesehatan publik. Laboratorium bergerak/mobile laboratorium ini menyediakan sarana dan prasarana yang relatif lebih cepat dimobilisasi ke berbagai kondisi geografis dan wilayah yang relatif sulit dijangkau oleh akses transportasi utama.
News 1
Kalibrasi adalah perbandingan antara pengukuran (standar) yang diketahui dan pengukuran dengan menggunakan instrumen. Biasanya, standar keakuratan harus menjadi keakuratan alat ukur yang diuji. Namun, rasio akurasi 3:1 dapat diterima oleh kebanyakan standar organisasi.
News 5
Anda semua pasti familiar dengan istilah “lapar mata”. “Lapar mata” adalah dimana makanan yang kita lihat sangat menggiurkan dan membuat kita ingin mencobanya walaupun sudah kenyang. Ini adalah bukti bahwa warna mempunyai dampak yang sangat besar dalam menentukan persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk makanan atau minuman.
News 6
Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Chemistry Letters itu, para peneliti menemukan Covid-19 dan kecenderungannya untuk tetap aktif di permukaan selama beberapa jam atau hari itu dapat dibunuh dengan paparan ozon dalam waktu singkat gas ozon dan dengan konsentrasi rendah.
Copyright © 2023 by RAETESTING,
Jasa Pembuatan Website by IKT