logo
search icon
close button

News

News 6

News 6

Penelitian Ungkap Gas Ozon Konsentrasi Rendah Efektif Bersihkan Benda dan Ruangan dari Virus Corona

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti di Tel Aviv University, Bar-Ilan University dan Azrieli College menemukan bahwa ozon dapat membantu membunuh virus corona dan mendesinfeksi permukaan benda serta aerosol yang terbang di udara dari kontaminasi Covid-19, demikian dilansir Jerusalem Post, Kamis (18/02/2021).

Penelitian ini dipimpin oleh Dr. Ines Zucker dari Sekolah Teknik Mesin TAU di Fakultas Teknik Ivy dan Eldar Fleischman dan Sekolah Porter Ilmu Lingkungan dan Bumi, Fakultas Kedokteran Azrieli Universitas Dr. Moshe Dessau Bar-Ilan di Galilea. dan Dr. Yaal Lester dari Azrieli College di Yerusalem.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Chemistry Letters itu, para peneliti menemukan Covid-19 dan kecenderungannya untuk tetap aktif di permukaan selama beberapa jam atau hari itu dapat dibunuh dengan paparan ozon dalam waktu singkat gas ozon dan dengan konsentrasi rendah.

Ozon berbentuk gas dihasilkan dari gas oksigen melalui pelepasan listrik. Sekarang, untuk pertama kalinya, kami berhasil membuktikan bahwa ini juga sangat efisien dalam memerangi virus corona,” tegas Ines Zucker.

Keunggulannya dibandingkan disinfektan umum (seperti alkohol dan pemutih) adalah kemampuannya untuk mendisinfeksi objek dan aerosol di dalam ruangan, dan tidak hanya permukaan yang terpapar, dengan cepat dan tanpa membahayakan kesehatan masyarakat. Para peneliti mengatakan bahwa metode itu melibatkan teknologi yang murah dan sudah tersedia, yang dapat digunakan untuk mendisinfeksi rumah sakit, sekolah, hotel, dan bahkan pesawat terbang serta area hiburan.

Gas ozon, yang dapat diproduksi secara sintetis di dalam ruangan, telah digunakan sebagai agen antibakteri dan antivirus dalam pengolahan air.

Molekul O3 atau Ozone yang terbentuk ini bermanfaat sebagai disinfektan instant karena molekul Ozone memiliki sifat radikal bebas yang mampu mengoksidasi atau merusak sel-sel virus, bakteri, dan kuman dengan sangat cepat, sehingga semua permukaan yang terkena molekul ozone akan steril.

Oksigen yang disinari dia terpecah dari O1 dan O1 ini bergabung dengan oksigen menjadi O3. O3 ini sifatnya radikal bebas dan molekulnya tidak stabil saat terkena sel-sel mikro organisme langsung mengoksidasi sel-sel mikro organisme tersebut sehingga virus bakteri kuman akan mati. Setelah dia bekerja dan ketemu dengan oksigen O3 ini akan terlepas kembali menjadi O2 sehingga udara bisa dihirup Kembali.

Ozon merupakan gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya jika terhisap dan dapat merusak paru-paru. Namun dalam dunia kesehatan, ozon menjadi bermanfaat karena fungsi dan kegunaannya dapat membunuh virus, kuman, dan bakteri secara efektif dan proses ini dikenal dengan sebutan ozonisasi.

Sumber : Edwin Shri Bimo dan sumber lainnya
News News 6

Latest News

News 4News 4
Laboratory Information Management System (LIMS) adalah perangkat lunak (software) & sistem manajemen informasi yang menawarkan berbagai kemudahan untuk mendukung operasi Laboratorium modern. LIMS dapat juga dikoneksikan dengan sistem aplikasi lain untuk memudahkan pengambilan keputusan oleh pihak yang berwenang dalam suatu perusahaan atau instansi.
News 3
Vibrasi yang dihasilkan mesin industri bisa menjadi indikator untuk menentukan kondisi mesin tersebut. Layaknya seorang dokter yang melakukan pemeriksaan kesehatan pasien menggunakan stetoskop, mesin juga bisa diperiksa kesehatannya dengan menganalisa vibrasi yang dihasilkan menggunakan alat yang disebut vibration analyzer.
News 2
BSL2 adalah mobile laboratorium atau laboratorium bergerak yang saat ini banyak digunakan untuk berbagai aplikasi kesehatan masyarakat karena berhubungan erat dengan keamanan dan kesehatan publik. Laboratorium bergerak/mobile laboratorium ini menyediakan sarana dan prasarana yang relatif lebih cepat dimobilisasi ke berbagai kondisi geografis dan wilayah yang relatif sulit dijangkau oleh akses transportasi utama.
News 1
Kalibrasi adalah perbandingan antara pengukuran (standar) yang diketahui dan pengukuran dengan menggunakan instrumen. Biasanya, standar keakuratan harus menjadi keakuratan alat ukur yang diuji. Namun, rasio akurasi 3:1 dapat diterima oleh kebanyakan standar organisasi.
News 5
Anda semua pasti familiar dengan istilah “lapar mata”. “Lapar mata” adalah dimana makanan yang kita lihat sangat menggiurkan dan membuat kita ingin mencobanya walaupun sudah kenyang. Ini adalah bukti bahwa warna mempunyai dampak yang sangat besar dalam menentukan persepsi konsumen terhadap kualitas suatu produk makanan atau minuman.
News 6
Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Environmental Chemistry Letters itu, para peneliti menemukan Covid-19 dan kecenderungannya untuk tetap aktif di permukaan selama beberapa jam atau hari itu dapat dibunuh dengan paparan ozon dalam waktu singkat gas ozon dan dengan konsentrasi rendah.
Copyright © 2023 by RAETESTING,
Jasa Pembuatan Website by IKT